Sabtu, 09 Februari 2013

Mahluk Mitologi Yunani part 2

11. Icthyocentaurs

Pada akhir puitis mitologi Yunani , Ichthyocentaurs (atau ikhthyokentauroi) adalah sepasang centaurine laut dewa dengan tubuh bagian atas seorang pria, bagian depan lebih rendah dari kuda, dan ekor ikan. Juga, mereka mengenakan lobster-cakar tanduk. Mereka adalah saudara tiri dari centaur Chiron bijaksana dan putra-putra Poseidon dan Amphitrite dewi laut. Kedua dewa laut, meskipun sedikit diingat, ditetapkan di langit sebagai rasi Pisces.

12. Ipotane

Dalam mitologi Yunani, Ipotanes adalah ras setengah-kuda, setengah manusia, versi asli dari satir tersebut. The Ipotane khas tampak keseluruhan manusia, namun memiliki kaki, bagian belakangnya, ekor, dan telinga kuda. Namun, beberapa memiliki mirip manusia daripada kaki kekuda-kudaan (bandingkan dengan Centaurs awal, yang bagian depannya kaki sering mirip manusia). Bahasa Yunani yang disarankan oleh "ipotane" adalah ἱππότης (hippotes). Ini berarti orang yang menunggang kuda [rujukan?] Hal ini juga digunakan sebagai kata sifat seperti di ἱππότης λεώς (hippotes leos) -. Kuda naik orang. Definisi yang diberikan di atas akan cocok ἱππότης λεώς - "manusia-kuda".

13. Kobaloi

Kobalos (gb. kobaloi) adalah sprite dari mitologi Yunani, yang menyukai makhluk nakal menipu dan menakutkan manusia. Mitos Yunani menggambarkan kobaloi sebagai "kurang ajar, pencuri, lucu, menganggur, nakal, gnome-dwarf", dan sebagai "lucu, elf triksy kecil" yang bersifat phallus. Mereka adalah sahabat Dionysus dan bisa shapeshift sebagai Dionysus dalam kedok Choroimanes-Aiolomorphos. Menurut salah satu mitos, mereka dirampok Herakles sementara dia tidur. Dia ditangkap mereka balas dendam tapi kasihan pada mereka ketika ia menemukan mereka lucu. Dalam salah satu versi dari mitos, Herakles memberikannya kepada Lydian Ratu Omphale sebagai hadiah. The kobaloi dianggap tinggal di atau dekat Euboea Thermopylai. Orangtua menggunakan cerita dari kobaloi untuk menakut-nakuti anak-anak ke berperilaku

14. Manticore 

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b6/Martigora_engraving.jpg
Manticore (Awal Tengah Persia Martyaxwar) adalah makhluk legendaris Persia mirip dengan sphinx Mesir. Ia memiliki tubuh singa merah, kepala manusia dengan tiga baris gigi tajam (seperti ikan hiu), dan suara terompet seperti. Aspek lain dari makhluk bervariasi dari cerita ke cerita. Mungkin bertanduk, bersayap, atau keduanya. Ekor adalah bahwa baik naga atau kalajengking, dan mungkin menembak duri beracun baik untuk melumpuhkan atau membunuh korbannya. Ini memakan seluruh mangsanya dan tidak meninggalkan pakaian, tulang, atau harta dari belakang mangsa.

15. Minatour

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f1/Minotauros_Myron_NAMA_1664_n1.jpg
Dalam mitologi Yunani, Minotaur (Yunani Kuno: Μῑνώταυρος [mi ː nɔ̌ ː tau̯ros], Latin: Minotaurus, Θevrumineś Etruscan), adalah makhluk dengan kepala banteng pada tubuh seorang pria [1] atau, seperti yang dijelaskan oleh penyair Romawi Ovid, "bagian manusia dan banteng bagian" . Ia berdiam di tengah Labyrinth Kreta, yang merupakan konstruksi labirin-seperti yang rumit; dirancang oleh arsitek Daedalus dan anaknya Icarus, pada perintah Raja Minos dari Crete . Minotaur akhirnya dibunuh oleh Theseus pahlawan Athena.

16. Mormo

Dalam mitologi Yunani, Mormo (Yunani: Μορμώ, Μορμών, Mormo) adalah semangat yang menggigit anak yang buruk, dan dikatakan telah menjadi pendamping dari Hecate dewi. Nama itu juga digunakan untuk menandakan makhluk vampir seperti perempuan dalam cerita-cerita kepada anak-anak Yunani oleh perawat mereka untuk menjaga mereka dari nakal. Referensi ini terutama ditemukan di beberapa drama Aristophanes. Dia juga dirujuk dalam The Alexiad, yang pergi untuk menunjukkan bahwa Mormo masih diajarkan kepada anak-anak selama masa Bizantium. Mormo akan mencuri anak-anak di balas dendam Ratu Laestrygonian yang dirampas oleh anak-anaknya.

17. Lamia

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/8b/Lamia_by_Herbert_James_Draper_%281909%29.jpg/314px-Lamia_by_Herbert_James_Draper_%281909%29.jpg
Dalam mitologi Yunani kuno, Lamia (Yunani: Λάμια) adalah seorang ratu yang cantik Libya yang menjadi daemon anak-makan. Aristophanes mengaku namanya berasal dari kata Yunani untuk kerongkongan (λαιμός, Laimos), mengacu pada kebiasaannya melahap anak. Dalam mitos, Lamia adalah nyonya dewa Zeus, yang menyebabkan istri cemburu Zeus ', Hera, untuk membunuh semua anak Lamia (kecuali Scylla, yang dirinya dikutuk) dan mengubah dirinya menjadi rakasa yang memburu dan memakan anak-anak lain. Versi lain telah Hera hanya mencuri pergi semua anak Lamia dan itu menjadi Lamia sendiri, kehilangan pikirannya dari kesedihan dan putus asa, yang mulai mencuri dan melahap anak orang lain karena cemburu, monstrositas berulang yang mengubah dirinya menjadi rakasa sendiri .

18. Hydra

http://www.eaudrey.com/myth/images/Hydra.gif
Dalam mitologi Yunani, Hydra Lernaean (Yunani Kuno: Λερναία Ὕδρα) adalah ular-seperti air kuno binatang chthonic, dengan ciri-ciri reptil (seperti evinces namanya), yang memiliki banyak kepala - kepala para penyair menyebutkan lebih dari vas-pelukis bisa cat, dan untuk setiap kepala dipotong tumbuh dua lagi - dan beracun napas dan darah sehingga virulen bahkan jalurnya yang mematikan. The Hydra dari Lerna dibunuh oleh Heracles sebagai kedua Dua Belas Tenaga Kerja nya. Sarangnya adalah danau Lerna di Argolid, meskipun arkeologi telah ditanggung mitos bahwa situs suci adalah lebih tua bahkan dari kota Mycenaean dari Argos sejak Lerna adalah tempat mitos Danaids. Di bawah air merupakan pintu masuk ke dunia bawah, dan Hydra adalah penjaganya

19. Erinyes

Dalam mitologi Yunani, Erinyes (Ἐρινύες, pl of Ἐρινύς, Erinys,. Harfiah "Avengers" dari bahasa Yunani ἐρίνειν "mengejar, menganiaya" [kadang-kadang disebut sebagai "dewi infernal" (Yunani χθόνιαι θεαί)]) adalah dewa chthonic perempuan dendam . Mereka adalah tiga netherworld dewi. Sebuah sumpah diformulasikan dalam Iliad memanggil mereka sebagai "orang-orang yang di bawah bumi menghukum barangsiapa bersumpah sumpah palsu". Burkert menunjukkan mereka adalah "perwujudan dari tindakan diri-kutukan yang terkandung dalam sumpah". Mereka sesuai dengan kemurkaan atau Dirae dalam mitologi Romawi.

20. Nessus

Dalam mitologi Yunani, Nessus (Yunani Kuno: Νέσσος) adalah seorang centaur terkenal yang dibunuh oleh Heracles, dan yang tercemar darah pada gilirannya membunuh Heracles. Dia adalah anak dari Centauros. Dia berjuang dalam pertempuran dengan Lapiths. Ia menjadi penambang di Euenos sungai. Nessus dikenal karena perannya dalam kisah Tunik dari Nessus. Setelah membawa Deianeira, istri Heracles, di seberang sungai, ia berusaha untuk mencurinya. Heracles melihat ini dari seberang sungai dan menembak panah Hydra-beracun ke payudara Nessus itu. Sebagai tindakan akhir dari kedengkian, Nessus kata Deianeira, saat ia berbaring sekarat, bahwa darahnya akan memastikan bahwa Heracles akan benar untuk selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar