Sabtu, 09 Februari 2013

Mahluk Mitologi Yunani part 1

1. Centaurs

http://www.eaudrey.com/myth/images/Centaur.gif
Dalam mitologi Yunani, centaur (dari bahasa Yunani: Κένταυρος, Kéntauros) atau hippocentaur adalah anggota dari ras komposit makhluk, manusia bagian dan kuda bagian. Dalam Attic awal dan Boeotian vas-lukisan, mereka digambarkan dengan bagian belakangnya dari kuda yang menyertainya, dalam rendering kemudian centaur diberi batang tubuh seorang manusia bergabung di pinggang ke withers kuda, di mana leher kuda akan. Komposisi ini setengah manusia dan setengah-hewan telah menyebabkan banyak penulis untuk memperlakukan mereka sebagai makhluk liminal, terjebak di antara dua kodrat, diwujudkan dalam mitos kontras, baik sebagai perwujudan dari alam liar, seperti dalam pertempuran mereka dengan Lapiths, atau sebaliknya sebagai guru, seperti Chiron. Para centaurus biasanya dikatakan telah lahir dari Ixion dan Nephele (awan yang dibuat dalam citra Hera). Versi lain, bagaimanapun, membuat mereka anak-anak dari Centaurus tertentu, yang dikawinkan dengan kuda magnesian. Ini Centaurus itu baik dirinya sebagai anak Ixion dan Nephele (memasukkan generasi tambahan) atau Apollo dan Stilbe, putri dewa sungai Peneus. Dalam versi yang lebih baru dari cerita saudara kembarnya adalah Lapithes, leluhur Lapiths, sehingga membuat dua berperang sepupu masyarakat.

2. Cerberus

http://www.thanasis.com/cerberus2.jpg
Cerberus (pron.: / sɜrbərəs /), atau Kerberos, (bentuk Yunani: Κέρβερος, [kerberos]) [2] dalam mitologi Yunani dan Romawi, adalah anjing berkepala multi (biasanya berkepala tiga) yang menjaga gerbang dunia bawah, untuk mencegah mereka yang telah menyeberangi Styx sungai dari yang pernah melarikan diri. Cerberus ditampilkan dalam banyak karya sastra Yunani dan Romawi kuno dan karya baik seni kuno dan modern dan arsitektur, meskipun penggambaran dan latar belakang sekitarnya Cerberus sering berbeda di berbagai karya oleh penulis yang berbeda dari era. Perbedaan yang paling penting adalah jumlah kepala nya: Kebanyakan sumber menggambarkan atau menggambarkan tiga kepala, yang lain menunjukkan dengan dua atau bahkan hanya satu, sejumlah kecil sumber menunjukkan sejumlah variabel, kadang-kadang sebanyak 50 atau bahkan 100.

3. Charybdis

Charybdis atau Kharybdis (pron.: / kərɪbdɨs /, Yunani: Χάρυβδις) adalah monster laut, kemudian dirasionalisasikan sebagai pusaran air, dan dianggap sebagai bahaya pelayaran di Selat Messina. Dalam mitologi Yunani, Charybdis (atau Kharybdis) pernah menjadi peri air yang indah dan putri Poseidon dan Gaia. Dia mengasumsikan bentuk kandung kemih besar makhluk yang wajahnya adalah mulut semua dan yang lengan dan kaki adalah sirip. Dia menelan sejumlah besar air tiga kali sehari, sebelum bersendawa kembali keluar lagi, menciptakan pusaran air besar yang mampu menyeret bawah air kapal. Dalam beberapa variasi cerita, Charybdis hanyalah sebuah pusaran besar bukan monster laut. Setelah seorang gadis yang indah, Charybdis adalah setia kepada ayahnya dalam perseteruan tak berujung dengan Zeus. Dia naik pasang lapar setelah Poseidon membangkitkan badai, mengarahkan mereka ke pantai, menghancurkan seluruh desa, ladang dan hutan menenggelamkan tenggelam, mengklaim semua dalam jalannya untuk laut. Dia mengklaim tanah yang begitu banyak bagi kerajaan ayahnya bahwa Zeus marah dan mengubah dirinya menjadi monster.

4. Chimera

http://images2.fanpop.com/image/photos/13300000/chimera-greek-mythology-13352388-1200-821.jpg
Chimera (juga Chimaera Chimaera atau) (pron.: / kɨmɪərə / atau / kaɪmɪərə /, Yunani: Χίμαιρα, Khimaira, dari χίμαρος, khimaros, ), menurut mitologi Yunani, seorang perempuan napas api mengerikan makhluk Lycia di Asia Kecil, terdiri dari bagian-bagian dari tiga hewan: singa, ular dan kambing. Biasanya digambarkan sebagai singa, dengan kepala kambing yang timbul dari punggungnya, dan ekor yang berakhir di kepala ular, Chimera adalah salah satu dari keturunan Typhon dan Echidna dan saudara monster seperti Cerberus dan yang Lernaean Hydra. Chimera istilah telah datang untuk menggambarkan setiap hewan mitos atau fiksi dengan bagian-bagian yang diambil dari berbagai binatang.

5. Empousa

Empusa (Yunani Kuno: Ἔμπουσα, Empousā, makna tidak diketahui) adalah demigoddess dari mitologi Yunani. Dalam inkarnasi kemudian dia muncul sebagai spesies monster diperintahkan oleh Hecate (dikenal dalam bahasa Inggris sebagai suatu empuse). Dia sering dikaitkan atau dikelompokkan dengan anak setengah dewi Lamia  dan Mormo, yang juga terkait sebagai semacam hantu dalam mitologi kemudian (lamias dan mormolyceas, masing-masing).

6. Gorgons

http://mythonet.synthasite.com/resources/gorgons.jpg

















Dalam mitologi Yunani, Gorgon sebuah (jamak: Gorgons) (Yunani: Γοργών atau Γοργώ Gorgon / Gorgo) adalah makhluk perempuan yang menakutkan. Nama ini berasal dari kata Yunani "Gorgos", yang berarti "mengerikan." Sementara deskripsi Gorgons bervariasi di antara sastra Yunani dan terjadi dalam contoh awal dari sastra Yunani, istilah umumnya mengacu pada salah satu dari tiga saudara yang memiliki rambut hidup, ular berbisa, dan wajah yang mengerikan yang mengubah mereka yang melihat menjadi batu. Secara tradisional, sementara dua dari Gorgons adalah abadi, Stheno dan Euryale, mereka adik Medusa tidak, dan dia dibunuh oleh dewa mitos dan Perseus pahlawan.
Gorgons adalah gambar populer dalam mitologi Yunani, muncul di awal catatan tertulis Kuno keyakinan agama Yunani seperti Homer, yang mungkin tanggal untuk sedini 1194-1184 SM. Karena pandangan mereka legendaris dan kuat yang bisa mengubah satu ke batu, gambar dari Gorgons ditempatkan pada benda dan bangunan untuk perlindungan.

7. Graeae

Dalam mitologi Yunani yang Graeae (terjemahan bahasa Inggris: "perempuan tua", "abu-abu yang", atau "abu-abu penyihir", Graiai alternatif dieja (Γραῖαι) dan Graiae) adalah tiga saudara yang berbagi satu mata dan satu gigi di antara mereka. Mereka adalah salah satu dari trio beberapa dewi dalam mitologi Yunani kuno. Graeae yang putri Phorcys dan Ceto. Dengan demikian, mereka berada di antara Phorcydes, yang semuanya baik dewa perairan atau chthonic/bumi . Graiae yang bersaudara dengan Gorgons. Graeae mengambil bentuk tua berambut abu-abu wanita, meskipun, pada penyair kali halus menggambarkan mereka sebagai "yang indah." Dalam legenda lain mereka digambarkan sebagai setengah-angsa. Usia mereka adalah begitu besar bahwa anak manusia bagi mereka hampir tidak dibayangkan. Nama mereka dilaporkan Deino (Δεινώ "takut", antisipasi mengerikan horor), Enyo (Ἐνυώ "horor" itu "pembuang kota" yang juga memiliki identitas terpisah dari persaudaraan ini) dan Pemphredo (Πεμφρηδώ "alarm"). Hyginus menambahkan, Persis keempat (Περσις "perusak, pembunuh") atau Perso (Περσώ).

8. Harpy
 http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/56/Harpy.PNG
Dalam mitologi Yunani, Harpy (Yunani: ἅρπυια, harpyia, diucapkan [hárpuja]; Latin: harpeia) adalah salah satu roh bersayap paling dikenal untuk terus-menerus mencuri semua makanan dari Phineus. Arti harfiah dari kata tampaknya "yang merenggut" karena berasal dari kata Yunani harpazein (ἁρπάζειν), yang berarti "untuk merebut". Seorang perampas adalah ibu dari kuda-kuda Achilles menjadi bapak oleh Wind Zephyros.Hesiod Barat menyebut mereka dua "indah berambut" makhluk, dan seni tembikar menggambarkan Harpies menampilkan wanita cantik dengan sayap. Harpies sebagai jelek wanita burung bersayap, misalnya di 'Aeschylus The Eumenides (baris 50) adalah pengembangan akhir, karena kebingungan dengan para Siren. Penulis Romawi dan Bizantium rinci keburukan mereka

9. Hippalectryon
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/88/Hippalectryon.svg/719px-Hippalectryon.svg.png
Hippalectryon (atau hippalektryon, dari ἱππαλεκτρυών Yunani) adalah jenis makhluk hybrid fantastis Yunani Kuno, setengah kuda-cerita rakyat dan setengah-ayam, dengan bulu kuning. Bagian depan adalah bahwa kuda, setengah belakang sayap ayam jantan itu, ekor dan kaki. Representasi tertua saat ini dikenal tanggal kembali ke abad ke-9 SM, dan motif yang tumbuh paling umum di abad ke-6, terutama dalam lukisan vas dan kadang-kadang sebagai patung, sering ditampilkan dengan pengendara. Hal ini juga tampil di beberapa bagian mata uang. Sebuah karya sastra beberapa abad ke-5 menyebutkan binatang itu, meskipun tidak ada mitos yang berhubungan dengan itu yang saat ini dikenal.

10. Hippocampus
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/25/William-Adolphe_Bouguereau_%281825-1905%29_-_Arion_on_a_Sea_Horse_%281855%29.jpg/800px-William-Adolphe_Bouguereau_%281825-1905%29_-_Arion_on_a_Sea_Horse_%281855%29.jpg
Hippocamp atau hippocampus, juga hippokampoi (jamak: hippocamps atau hippocampi, Yunani: ἱππόκαμπος, dari ἵππος, "kuda" dan κάμπος, "rakasa"), sering disebut kuda laut [2] dalam bahasa Inggris, adalah makhluk mitologi bersama oleh Fenisia [3] dan mitologi Yunani, meskipun nama dengan yang diakui adalah murni Yunani. Itu juga diadopsi ke dalam mitologi Etruscan. Hal ini biasanya telah digambarkan sebagai kuda di bagian depan dengan sebuah melingkar, bersisik, bagian kaki belakang dan pinggang menyerupai ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar