Sabtu, 09 Februari 2013

Raksasa Mitologi Yunani

1. Agrius

Agrius adalah raksasa Thracian pemakan manusia yang setengah manusia dan setengah beruang. Seorang anak Parthaon, raja Calydon di Aetolia, dan Euryte, dia adalah saudara dari Oeneus (yang menggantikan ayahnya sebagai raja Calydon), Alcathous, Melas, Leucopeus, dan Sterope. Ia adalah ayah dari enam anak laki-laki,. termasuk Melanippus dan Thersites, yang menggulingkan Oeneus dan memberikan kerajaan kepada ayah mereka. Agrius dan putra-putranya sendiri digulingkan oleh Diomedes, yang dipulihkan Oeneus sebagai raja. Semua anak-anak kecuali Thersites dibunuh oleh Diomedes. Bibliotheca menempatkan peristiwa ini sebelum ekspedisi bangsa Yunani melawan Troy, sedangkan Hyginus menyatakan bahwa Diomedes, ketika ia mendengar, setelah jatuhnya Troy, dari kemalangan Oeneus kakeknya , bergegas kembali dan mengusir Agrius, yang kemudian bunuh diri, sesuai dengan orang lain, Agrius dan anak-anaknya semuanya dibunuh oleh Diomedes

2.  Alcyoneus

Alcyoneus adalah anak tertua dari raksasa Thracian, dibunuh oleh Heracles, dibuat untuk menentang Hades. Ia lahir (seperti semua Gigantes lainnya) dengan baju besi lengkap dengan tombak di tangannya. Dia adalah yang paling menonjol dari Gigantes yang memimpin pemberontakan besar-besaran terhadap para Dewa Olympian dan dilahirkan untuk mengalahkan Hades, dan dikatakan abadi di tanah kelahirannya, Pallene.

3.  Aloadae 

Aloade adalah kembar raksasa yang berusaha menyerang Olympus. Dalam mitologi Yunani, Aloadae (atau Aloadai, Yunani Kuno: Ἀλωάδαι) adalah Otus (Ὦτος) dan Ephialtes (Ἐφιάλτης), anak-anak Iphimedia, istri Aloeus, oleh Poseidon yang dia diinduksi untuk membuat hamil dengan pergi ke tepi pantai dan disporting dirinya dalam surfing atau air laut menyendoki ke dadanya. Dari Aloeus. mereka menerima patronymic mereka, Aloadai tersebut. Mereka kuat dan agresif raksasa, tumbuh dengan sembilan jari setiap bulan sembilan depa tinggi pada usia sembilan.

4.  Antaeus




Antaeus adalah raksasa Libya yang mendapatkan kekuatan dari kontak konstan dengan bumi dan bergumul mati semua pengunjung ke wilayah kekuasaannya sampai dibunuh oleh Heracles. 

5. Argus Panoptes

Argus Panoptes adalah raksasa bermata seratus bertugas menjaga Io dari Zeus. Dengan seratus matanya, Zeus tak akan bisa mengambil Io tanpa sepengetahuan Argus. Bahkan ketika tertidur, beberapa matanya tetap terbuka dan mengawasi Io. Zeus kemudian mengutus putranya, Hermes, untuk membunuh Argus. Hermes menyamar sebagai seorang gembala dan menidurkan Argus dengan permainan musiknya. Hermes lalu membunuh Argus sehingga Io bisa terbebas. Setelah Argus mati, Hera mengambil semua mata Argus dan memasangnya pada ekor burung kesayangannya, merak.

6.  Chrysaor

Dalam mitologi Yunani, Chrysaor (Yunani: Χρυσάωρ, Khrusaōr, terjemahan bahasa Inggris: "Dia yang memiliki persenjataan emas"), saudara dari kuda bersayap Pegasus, sering digambarkan sebagai seorang pemuda, putra Poseidon dan Medusa. Chrysaor dan Pegasus tidak lahir sampai Perseus dipotong kepala Medusa.

7. Cyclops

Cyclops (pron.: / saɪklɒps /, Yunani: Κύκλωψ, Kuklōps, Cyclopes plural / saɪkloʊpi ː z /; Yunani: Κύκλωπες, Kuklōpes), dalam mitologi Yunani dan mitologi kemudian Romawi, adalah anggota dari ras primordial raksasa, masing-masing dengan mata di tengah dahinya. nama ini secara luas diperkirakan berarti "lingkaran-mata"

8. Enceladus

Dalam mitologi Yunani, Enceladus (atau Enkelados, Ἐγκέλαδος, "Trumpeter to Arms") adalah salah satu Gigantes, anak-anak besar Gaia (Bumi) dibuahi oleh darah Uranus dikebiri. Dengan Gigantes lainnya, Enceladus muncul di satu wilayah tertentu-baik Phlegra, yang "polos terbakar" di Thrace, atau Pallene

9. Geryon

Dalam mitologi Yunani, Geryon / dʒɪəriən / atau / ɡɛriən / (Yunani Kuno: Γηρυών; genitive: Γηρυόνος) putra Chrysaor dan Callirrhoe dan cucu dari Medusa, adalah seorang raksasa menakutkan yang tinggal di Erytheia pulau tersebut mitis Hesperides di ujung barat Mediterania. Sebuah generasi yang lebih literal-minded kemudian Yunani terkait daerah dengan Tartessos di selatan Iberia.

10. Laestrygonians

Laestrygonians (atau Laestrygones, Laistrygones, Laistrygonians, Lestrygonians, Yunani: Λαιστρυγόνες) adalah suku kanibal raksasa dari mitologi Yunani kuno. Odysseus, karakter utama dari Odyssey Homer, mengunjungi mereka selama pulang perjalanannya ke Ithaca. Raksasa makan banyak pria Odysseus 'dan menghancurkan sebelas dari dua belas kapal dengan meluncurkan batu dari tebing tinggi. Kapal Odiseus 'tidak hancur seperti yang tersembunyi di teluk dekat pantai. Semua orang di kapal Odiseus 'selamat.

11. Porphyrion

Dalam mitologi Yunani, Porphyrion adalah seorang raksasa, salah satu dari anak-anak Tartarus dan Gaea. Disebut oleh Pindar sebagai raja dari Giants. Setelah para dewa Olimpia memenjarakan Titans di Tartarus., Porphyrion adalah salah satu dari dua puluh empat raksasa anguipede yang membuat perang terhadap Olympus.

12. Tityos

Tityos adalah putra Elara, ayahnya adalah Zeus. Zeus menyembunyikan Elara dari istrinya, Hera, dengan menempatkan mendalam di bawah bumi. Tityos tumbuh begitu besar sehingga ia membagi rahim ibunya, dan dibawa ke jangka oleh Gaia, Bumi. Setelah tumbuh, Tityos berusaha memperkosa Leto atas perintah Hera dan dibunuh oleh Artemis dan Apollo. Sebagai hukuman, ia berbaring di Tartarus dan disiksa oleh dua burung nasar yang diberi hatinya, yang tumbuh kembali setiap malam. Hukuman ini sebanding dengan yang dari Prometheus Titan.


13. Typhon

Typhon (pron.: / taɪfən /; Yunani Kuno: Τυφῶν, Tuphōn, [typ ʰ ɔ ː n]), juga Typhoeus (Τυφωεύς, Tuphōeus), Typhaon (Τυφάων, Tuphaōn) atau Typhos (Τυφώς, Tuphōs) adalah anak terakhir dari Gaia, ayah oleh Tartarus, dan rakasa paling mematikan dari mitologi Yunani. Dia dikenal sebagai "Bapa dari semua monster", Echidna istrinya demikian juga "Ibu dari Semua Monster."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar